angkatanBeritaMedanpendidikanperguruanPolitik

Mengapa Jalan Indonesia Menuju Net Zero Membutuhkan Tindakan Mendesak di COP29

Jalan Indonesia

Jalan Indonesia – Terlepas dari komitmen iklim Jakarta yang ambisius. Kebijakan domestik dan Kemitraan Transisi Energi yang Adil (JETP) tidak akan menghentikan batu bara secara bertahap.

Masa depan energi Indonesia tergantung pada keseimbangan. Ketergantungan negara pada batu bara yang bertanggung jawab untuk menggerakkan sekitar dua pertiga dari listriknya. Menimbulkan hambatan yang signifikan untuk mencapai tujuan iklimnya.

Terlepas dari janjinya di bawah Perjanjian Paris pada tahun 2015, kapasitas batubara Indonesia telah meningkat lebih dari dua kali lipat. Indonesia mencatat peningkatan tertinggi dalam penggunaan bahan bakar fosil yang tidak berkurang selama lima tahun terakhir. Di antara negara-negara berkembang, yang juga mencakup India, Brasil, dan Meksiko.

Lambatnya kemajuan dalam transisi dari bahan bakar fosil di sebabkan oleh permintaan energi lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi dan populasi.

Dalam beberapa tahun terakhir, kebijakan domestik dan internasional telah muncul untuk mendukung transisi energi negara itu. Indonesia telah menetapkan tujuan untuk mencapai nol bersih pada tahun 2060, di samping Enhanced Nationally Determined Contribution (NDC). Yang bertujuan untuk membatasi emisi hingga 32-43 persen di bawah bisnis seperti biasa pada tahun 2030. NDC Kedua, yang akan di umumkan pada tahun 2025, di perkirakan akan memiliki target 2035 yang lebih ambisius. Komitmen ini mencerminkan meningkatnya pengakuan akan kebutuhan mendesak untuk transisi energi dan potensi. Indonesia yang belum di manfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga surya, panas bumi, dan tenaga air.

Namun, membuka potensi ini bukanlah tugas kecil. Biaya pembiayaan yang tinggi terus menjadi penghalang yang signifikan untuk meningkatkan proyek energi bersih. Misalnya, biaya pembiayaan menyumbang setengah dari biaya listrik yang di ratakan untuk pembangkit listrik tenaga surya skala utilitas di Indonesia. Di bandingkan dengan hanya 25-27 persen di Eropa dan Amerika Serikat.

Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (COP29) tahun ini di Baku, Azerbaijan. Menghadirkan peluang penting untuk menggembleng upaya internasional dan multilateral, terutama melalui Kemitraan Transisi Energi yang Adil (JETP) Indonesia. Mekanisme pembiayaan JETP senilai $20 miliar, yang di pelopori oleh Amerika Serikat dan Jepang. Menargetkan puncak emisi pada tahun 2030 dan mencapai nol bersih di sektor ketenagalistrikan Indonesia pada tahun 2050.

Meskipun JETP awalnya di puji sebagai pengubah permainan, implementasinya di Indonesia telah menghadapi rintangan yang signifikan. Rencana Investasi dan Kebijakan Komprehensif (CIPP) kemitraan ini memperkirakan bahwa sekitar $97 miliar. Di perlukan untuk membiayai lebih dari 400 proyek prioritas yang bertujuan mencapai tujuan iklim Indonesia pada tahun 2030. Namun, JETP hanya menyediakan $20 miliar, meninggalkan kesenjangan pembiayaan iklim yang sangat besar.

Selain itu, sebagian besar dana JETP juga di perkirakan akan masuk sebagai pinjaman

Dengan hanya kurang dari 2 persen yang akan di cairkan sebagai hibah 14 persen dari pembiayaan JETP adalah non-konsesi. Yang berarti bahwa tarifnya tidak lebih baik daripada yang tersedia di pasar terbuka. Pengaturan keuangan ini menimbulkan kekhawatiran tentang kemampuan inisiatif untuk mengirimkan sinyal kebijakan dan keuangan yang kuat. Kepada pemangku kepentingan domestik, sehingga membuka transisi energi hijau.

Yang penting, JETP di harapkan dapat memberikan pembiayaan jangka panjang yang lebih murah di Indonesia tetapi tidak. Bahkan Cirebon-1, pembangkit listrik tenaga batu bara 660 MW di Jawa Barat, yang akan di biayai. Untuk pensiun dini di bawah JETP telah berjuang untuk menutup kesepakatan penutupan karena risiko hukum dan keuangan.

Secara bersamaan, kebijakan domestik, termasuk mekanisme penetapan harga karbon yang sangat di tunggu-tunggu. Belum cukup ketat untuk memberikan sinyal kuat untuk berdesak-desakan dalam investasi swasta.

Sistem Perdagangan Emisi Indonesia, yang di jadwalkan untuk berkembang menjadi sistem hibrida “cap-tax-and-trade”. Memberikan alokasi gratis 100 persen kepada penghasil emisi dan saat ini hanya melayani pasar sukarela domestik yang jauh dari likuid. Dengan permintaan yang sangat rendah, Undang-undang pajak karbon belum berlaku karena tarif pajak tergantung pada harga pasar karbon.

Menaikkan harga karbon dari nilai rendah saat ini menimbulkan tantangan ekonomi dan politik.

Sebuah survei baru-baru ini yang di lakukan oleh Climate Policy Lab di Fletcher School, Tufts University, dan Landscape. Indonesia di Jakarta menunjukkan bahwa para ahli di Indonesia khawatir bahwa penetapan harga karbon akan menggelembungkan pengeluaran publik. Bahkan ketika mereka mengakui efektivitasnya dalam mencapai target iklim jangka panjang.

Lebih lanjut, sebagian besar ahli mengevaluasi bahwa pencapaian target dalam Peningkatan Kontribusi yang Di tentukan Secara Nasional Indonesia. Akan menjadi tantangan, sebagian karena kepentingan pribadi di antara pemangku kepentingan bahan bakar fosil.

Pada saat yang sama, hasil survei menunjukkan bahwa peningkatan kebijakan lain. Seperti tarif feed-in untuk energi terbarukan, REDD+, serta inisiatif penangkapan dan penyimpanan karbon. Dapat membantu Indonesia mencapai nol bersih pada tahun 2060. Mereformasi subsidi bahan bakar fosil dapat lebih membantu transisi dari batu bara.

Dengan kebijakan saat ini dan JETP Indonesia yang gagal, biaya pembiayaan energi terbarukan di Indonesia tidak mungkin turun cukup cepat. Untuk meningkatkan produksi energi bersih. Kemitraan internasional seperti JETP sangat penting bagi negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Untuk mengurangi biaya modal yang terkait dengan proyek energi bersih.

Ketika Indonesia berupaya menjembatani kesenjangan antara lintasannya saat ini dan tujuan nol bersihnya. COP29 di Baku menghadirkan peluang penting untuk memajukan dukungan internasional dan meningkatkan komitmen terhadap JETP. Tindakan mendesak di perlukan untuk memastikan bahwa jalan Indonesia menuju nol bersih. Bukan hanya aspirasi yang jauh tetapi juga kenyataan yang nyata.

Exit mobile version